Minggu, 08 November 2020

PROGRAM KERJA KKG MI TANGGUL PERIODE 2020 – 2024

RENCANA PROGRAM KERJA KKG MI

KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBER

TAHUN 2020/2021

 

  1. PROGRAM RUTIN TAHUNAN

1)  Diskusi permasalahan pembelajaran.

  • Penyusunan silabus, program tahunan, program semester, dan rencana program
  • Analisis
  • Penyusunan dan pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran: ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan ujian akhir madrasah(UAM)
  • Pembahasan materi dan pemantapan menghadapi ujian nasional
  • Pembuatan kalender program kegiatan pendidikan bersama
  • Pembuatan draf kurikulum 2013
  • Pembuatan KKM

 

  1. PROGRAM KEGIATAN PENGEMBANGAN:
  • Penelitian
  • Penulisan karya tulis ilmiah
  • Seminar, lokakarya, koloqium (Paparan hasil penelitian), dan diskusi panel.
  • Pendidikan dan latihan berjenjang(diklat berjenjang).
  • Workshop peningkatan kompetensi kinerja guru
  • Peer coaching (Pelatihan bersama penggunakan media ICT)
  • Belajar Aplikasi Digine ARD

 

 


 

RANCANGAN PROGRAM KERJA KKGMI

  

A.   Visi dan Misi

Visi : Terwujudnya kompetensi guru yang bermutu, memiliki kemampuan (ability) dalam bentuk pengetahuan (knowledge), sikap (attitude) dan keterampilan (skill) yang sesuai dengan bidang pekerjaannya

Misi:

1. Meningkatkan kompetensi profesional guru yang memiliki pengetahuan yang luas dari bidang studi yang diajarkannya, memilih dan menggunakan berbagai metode mengajar di dalam proses belajar mengajar yang diselenggarakannya;

2. Meningkatkan kompetensi kemasyarakatan guru yang mampu berkomunikasi, baik dengan siswa, sesama guru, maupun masyarakat luas;

3. Meningkatkan kompetensi personal guru yang memiliki kepribadian luhur dan patut diteladani.

Motto: “BERSATU BERBAGI ILMU MENUJU GURU BERMUTU”

 

B.   Tujuan :

Tujuan dari kegiatan Kelompok Kerja Guru  MI (KKG MI) yaitu:

  1. Memperluas wawasan dan pengetahuan guru dalam berbagai hal, khususnya penguasaan substansi materi pembelajaran, penyusunan silabus, penyusunan bahan-bahan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, memaksimalkan pemakaian sarana/prasarana belajar, memanfaatkan sumber belajar, mengembangkan kemampuan/profesi guru, dan
  2. Memberi kesempatan kepada anggota kelompok kerja untuk berbagi pengalaman serta saling memberikan bantuan dan umpan
  3. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta mengadopsi pendekatan pembaharuan dalam pembelajaran yang lebih profesional bagi peserta kelompok
  4. Memberdayakan dan membantu anggota kelompok kerja dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di
  5. Mengubah budaya kerja anggota kelompok kerja (meningkatkan pengetahuan, kompetensi dan kinerja) dan mengembangkan profesionalisme guru melalui kegiatan-kegiatan pengembangan profesionalisme di tingkat
  6. Meningkatkan mutu proses pendidikan dan pembelajaran yang tercermin dari peningkatan hasil belajar peserta
  7. Meningkatkan kompetensi guru melalui kegiatan-kegiatan di tingkat KKG.

 

C. Refleksi Kegiatan KKG

Untuk melakukan upaya perbaikan kegiatan KKG MI penting kiranya menengok sedikit ke belakang untuk mencermati kelemahan dan kekurangan dalam kegiatan KKG MI selama ini. Berkaca dari kelemahan yang ada maka dapat dirumuskan upaya untuk menstransformasi program KKG MI sehingga lebih berdaya guna.

Di antara kelemahan yang masih terdapat dalam penyelenggaraan kegiatan KKG MI:

  1. Program kerja yang telah direncanakan sebagian belum terealisir dikarenakan adanya beberapa kendala antara lain:
    1. Manajemen waktu yang kurang terencana dengan baik, sehingga seringkali berbenturan dengan agenda kegiatan
    2. Kendala pendanaan yang kurang
  2. Job description di antara pengurus belum sepenuhnya berjalan sehingga hanya beberapa personil pengurus saja yang Hal ini bisa dimaklumi mengingat Pengurus semata-mata kerja sosial belum ada penghargaan atas kerja/lelah pengurus, sehingga banyak pengurus yang kurang aktif
  3. Bentuk kegiatan KKG MI masih monoton dan cenderung membosankan belum ada variasi kegiatan sehingga lebih
  4. Penghargaan atas aktifitas KKG berupa Piagam atau STTPL KKG belum cukup memotivasi anggota untuk berpartisipasi secara lebih
  5. Belum adanya tata tertib yang mengikat setiap anggota untuk aktif mengikuti kegiatan KKG sehingga belum ada mekanisme pemberian sanksi bagi anggota yang kurang

 

D. Analisis SWOT

Analisis SWOT perlu dilakukan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang dihadapi KKG MI. Dengan melakukan analisis SWOT maka dalam merumuskan program kerja diharapkan lebih tepat sasaran dan realistis dengan mengingat daya dukung segenap komponen KKG MI.

Hasil analisis SWOT dapat dijelaskan sebagai berikut:

Ø Kualifikasi akademik guru yang telah S1 semakin besar.

Ø Guru berstatus profesional semakin bertambah

 

  1. Strength (Kekuatan)

 Ø Tingkat partisipasi guru dalam kegiatan KKG cukup baik

Ø Adanya alokasi dana bersumber dari BOS untuk mendukung kegiatan KKG MI.

Ø Dukungan      stake     holder     cukup     baik,     mengingat 100% MI yang ada berstatus swasta yang berdiri dan dikelola oleh masyarakat.

Ø MI yang ada seluruhnya berstatus lembaga pendidikan swasta.

Ø Secara umum dalam hal manajemen, pengelolaan

 

  1. (Kelemahan) MI masih relatif lemah dibandingkan sekolah

Ø Sarana prasarana untuk menunjang kegiatan KKG masih kurang.

Ø Belum adanya Madrasah Inti yang bisa menjadi model bagi pengembangan madrasah yang lain.

Ø Pemahaman tentang regulasi menyangkut pendidikan dan guru seperti UU, PP, Permen dll masih minim.

  

  1. Opportunity (Peluang)

  (Tantangan)

Ø Kesulitan mencari guru pemandu, apalagi belum pernah ada guru atau pengurus KKG yang telah mengikuti diklat TOT KKG.

Ø Volume diklat formal yang diperuntukan bagi guru MI masih belum merata sehingga KKG menjadi wadah yang paling relevan dan memungkinkan

sebagai wahana pelatihan guru.

Ø KKG menjadi wadah penyelenggaraan in house training (IHT) dalam rangka penularan hasil diklat oleh guru yang telah mengikuti diklat formal.

Ø KKG merupakan wahana yang paling cocok untuk berbagi pengalaman (sharing) sukses pembelajaran

dan sharing dalam mengatasi kesulitan pembelajaran.

Ø KKG menjadi media yang legal untuk menyusun perangkat pembelajaran (silabus & RPP).

Ø Pemberlakuan UUGD mempersyaratkan guru untuk memenuhi kualifikasi dan kompetensi. KKG dituntut mampu menjembatani peningkatan kompetens

guru MI.

Ø Kebijakan sertifikasi guru selain berorientasi kepada peningkatan kesejahteraan guru namun dibarengi tuntutan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi guru.

Ø Perberlakuan Permen PAN dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kredit yang berlaku efektif mulai 2013.

Ø Tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang demikian pesat menuntut guru untuk meningkatkan kapasitas internalnya terutama dalam pemanfaatan teknologi informasi dan telekomunikasi dalam pembelajaran.

Ø Pemberlakuan pasar bebas (Free Trade) memunculkan mobilitas kontes di mana persaingan sengit menjadi ciri utama dan hanya guru yang berkualitas saja yang mampu bersaing.

  

E. Rencana Struktur Program Kegiatan Bentuk Kegiatan KKG Sesuai SOP KKG

  1. Kegiatan Rutin:

1)      Diskusi permasalahan

2)      Penyusunan dan pengembangan silabus, program semester, dan Rencana Program Pembelajaran.

3)      Analisis

4)      Penyusunan dan pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran.

5)      Pembahasan materi dan pemantapan menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah.

6)      Kegiatan Pengembangan:

7)      Penelitian, diantaranya Penelitian Tindakan Kelas.

8)      Pendidikan dan Pelatihan berjenjang (diklat berjnjang).

9)      Penerbitan jurnal KKG.

10)   Pelatihan sesama guru menggunakan media TIK.

11)   Pengkajian praktek pembelajaran yang memiliki tiga komponen yaitu plan, do, see yang dalam pelaksanaannya harus terjadi kolaborasi antara pakar, guru pelaksana, dan guru mitra.

STRUKTUR PROGRAM KEGIATAN

KKG MI KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBER

 

NO

PROGRAM / MATA KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

I

UMUM

Sosialisasi Kebijakan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember berkaitan dengan guru dan Madrasah

2 JTM

II

POKOK

5 JTM

1

Penyusunan Program Kerja KKG MI

2

Perencanaan, kurikulum dan evaluasi

3

Inovasi pembelajaran

4

Diskusi Permasalahan/kesulitan pembelajaran

6

Pembahasan materi dan Pemantapan Ujian

III

PENUNJANG

2 JTM

Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan misal Penilaian Kinerja Guru.

Jumlah

9 JTM

 

 

 


 

PROGRAM KERJA RUTIN/BULANAN

KKG MI KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBER

TAHUN 2020/2021

 

No

Kegiatan

Bulan

Pemateri

Tempat

KET

1.

Sosialisasi Program kegiatan ke kemenag/KKM MI

Januari

Pengurus

MI Al Falah

2.

Pendalaman kurikulum 2013 dalam perangkatnya

Februari

Peneliti / Praktisi Pendidikan

MI Mambaul Khoirot

3.

Aanalisis KI dan KD

Maret

Peneliti / Praktisi Pendidikan

MI Al Falah

5.

Pembuatan RPP Kurukulum 2013

April

Praktisi Pendidikan

MI Al Falah

6.

Teknik penilaiaan dan perangkatnya

Mei

Peneliti / Praktisi Pendidikan

MI Mambaul Ulum

7.

Penyusunan Modul

Juni

Peneliti / Praktisi  Pendidikan

MI Mambaul Ulum

8.

Pelatihan Ms.Word dan Exel

Juli

Praktisi / pemerhati IT

MI Mambaul Ulum

9.

Pelatihan Ms.Power Point

Agustus

Praktisi / pemerhati IT

MI Mambaul Ulum

10.

Penilaian Kinerja Guru

Oktober

Pengawas Madrasah

MI Mambaul Ulum

11.

Penulisan PTK 1

November

Peneliti / Praktisi  Pendidikan

MI Mambaul Ulum

12.

Penullisan PTK 2

Desember

Peneliti / Praktisi  Pendidikan

MI Mambaul Ulum


Tanggul, 7 November 2020

Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKG MI)

Kecamatan Tanggul

KETUA

 

 

IKE SRI HARYANTI, S.Pd.

KKG MI TANGGUL FASILITASI PENYUSUNAN KISI-KISI DAN SOAL UM TAPEL 2021/2022

Dokumen KKG-MI Tanggul Salah satu program kerja tahunan dari pengurus Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Tanggul (KKG MI Tang...