RENCANA PROGRAM KERJA KKG MI
KECAMATAN
TANGGUL KABUPATEN JEMBER
TAHUN
2020/2021
- PROGRAM
RUTIN TAHUNAN
1) Diskusi permasalahan pembelajaran.
- Penyusunan silabus, program tahunan, program
semester, dan rencana program
- Analisis
- Penyusunan dan pengembangan instrumen evaluasi
pembelajaran: ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan ujian akhir
madrasah(UAM)
- Pembahasan materi dan pemantapan menghadapi
ujian nasional
- Pembuatan kalender program kegiatan pendidikan
bersama
- Pembuatan draf kurikulum 2013
- Pembuatan KKM
- PROGRAM KEGIATAN PENGEMBANGAN:
- Penelitian
- Penulisan karya tulis ilmiah
- Seminar, lokakarya, koloqium (Paparan hasil
penelitian), dan diskusi panel.
- Pendidikan dan latihan berjenjang(diklat
berjenjang).
- Workshop peningkatan kompetensi kinerja guru
- Peer coaching (Pelatihan bersama penggunakan media ICT)
- Belajar Aplikasi Digine ARD
RANCANGAN PROGRAM KERJA KKGMI
A.
Visi dan Misi
Visi : Terwujudnya kompetensi guru yang bermutu, memiliki kemampuan (ability)
dalam bentuk pengetahuan (knowledge), sikap (attitude) dan keterampilan (skill)
yang sesuai dengan bidang pekerjaannya
Misi:
1. Meningkatkan
kompetensi profesional guru yang memiliki pengetahuan yang luas dari bidang
studi yang diajarkannya, memilih dan menggunakan berbagai metode mengajar di
dalam proses belajar mengajar yang diselenggarakannya;
2. Meningkatkan kompetensi kemasyarakatan guru yang mampu berkomunikasi, baik
dengan siswa, sesama guru, maupun masyarakat luas;
3. Meningkatkan
kompetensi personal guru yang memiliki kepribadian luhur
dan patut diteladani.
Motto: “BERSATU BERBAGI ILMU MENUJU
GURU BERMUTU”
B. Tujuan :
Tujuan dari kegiatan Kelompok Kerja
Guru MI (KKG MI) yaitu:
- Memperluas
wawasan dan pengetahuan guru dalam berbagai hal, khususnya penguasaan
substansi materi pembelajaran, penyusunan silabus, penyusunan bahan-bahan
pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, memaksimalkan
pemakaian sarana/prasarana belajar,
memanfaatkan sumber belajar, mengembangkan kemampuan/profesi guru, dan
- Memberi
kesempatan kepada anggota kelompok kerja untuk berbagi pengalaman serta
saling memberikan bantuan dan umpan
- Meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan, serta mengadopsi pendekatan pembaharuan
dalam pembelajaran yang lebih profesional bagi peserta kelompok
- Memberdayakan
dan membantu anggota kelompok kerja dalam melaksanakan tugas-tugas
pembelajaran di
- Mengubah
budaya kerja anggota kelompok kerja (meningkatkan pengetahuan, kompetensi
dan kinerja) dan mengembangkan profesionalisme guru melalui
kegiatan-kegiatan pengembangan profesionalisme di tingkat
- Meningkatkan
mutu proses pendidikan dan pembelajaran yang tercermin dari peningkatan
hasil belajar peserta
- Meningkatkan
kompetensi guru melalui kegiatan-kegiatan di tingkat KKG.
C. Refleksi Kegiatan KKG
Untuk melakukan upaya
perbaikan kegiatan KKG MI penting kiranya menengok sedikit ke belakang untuk
mencermati kelemahan dan kekurangan dalam kegiatan KKG MI selama ini. Berkaca
dari kelemahan yang ada maka dapat dirumuskan upaya untuk menstransformasi
program KKG MI sehingga lebih berdaya guna.
Di antara kelemahan yang masih terdapat
dalam penyelenggaraan kegiatan KKG MI:
- Program
kerja yang telah direncanakan sebagian belum terealisir dikarenakan adanya
beberapa kendala antara lain:
- Manajemen waktu yang kurang
terencana dengan baik, sehingga seringkali berbenturan dengan agenda
kegiatan
- Kendala pendanaan yang kurang
- Job
description di antara
pengurus belum sepenuhnya berjalan sehingga hanya beberapa personil
pengurus saja yang Hal ini bisa dimaklumi mengingat Pengurus semata-mata
kerja sosial belum ada penghargaan atas kerja/lelah pengurus, sehingga
banyak pengurus yang kurang aktif
- Bentuk
kegiatan KKG MI masih monoton dan cenderung membosankan belum ada variasi
kegiatan sehingga lebih
- Penghargaan
atas aktifitas KKG berupa Piagam atau STTPL KKG belum cukup memotivasi
anggota untuk berpartisipasi secara lebih
- Belum
adanya tata tertib yang mengikat setiap anggota untuk aktif mengikuti
kegiatan KKG sehingga belum ada mekanisme pemberian sanksi bagi anggota
yang kurang
D. Analisis SWOT
Analisis SWOT perlu dilakukan untuk
mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang dihadapi KKG MI.
Dengan melakukan analisis SWOT maka dalam merumuskan program kerja diharapkan
lebih tepat sasaran dan realistis dengan mengingat daya dukung segenap komponen
KKG MI.
Hasil analisis SWOT dapat dijelaskan
sebagai berikut:
Ø
Kualifikasi akademik guru yang telah S1 semakin besar.
Ø
Guru berstatus profesional semakin bertambah
- Strength
(Kekuatan)
Ø Tingkat partisipasi guru dalam
kegiatan KKG cukup baik
Ø
Adanya alokasi dana bersumber dari BOS untuk mendukung kegiatan KKG MI.
Ø
Dukungan stake
holder cukup
baik, mengingat 100% MI yang ada berstatus swasta yang
berdiri dan
dikelola oleh masyarakat.
Ø
MI yang ada seluruhnya berstatus lembaga pendidikan swasta.
Ø
Secara umum dalam hal manajemen, pengelolaan
- (Kelemahan)
MI masih relatif lemah dibandingkan sekolah
Ø
Sarana prasarana untuk menunjang kegiatan KKG masih kurang.
Ø
Belum adanya Madrasah Inti yang bisa menjadi model bagi pengembangan madrasah
yang lain.
Ø
Pemahaman tentang regulasi menyangkut pendidikan dan guru seperti UU, PP,
Permen dll masih minim.
- Opportunity
(Peluang)
(Tantangan)
Ø
Kesulitan mencari guru pemandu, apalagi belum pernah ada guru atau pengurus KKG
yang telah mengikuti diklat TOT KKG.
Ø
Volume diklat formal yang diperuntukan bagi guru MI masih belum merata sehingga
KKG menjadi wadah yang paling relevan dan memungkinkan
sebagai wahana pelatihan guru.
Ø
KKG menjadi wadah penyelenggaraan in house training (IHT) dalam rangka
penularan hasil diklat oleh guru yang telah mengikuti diklat formal.
Ø
KKG merupakan wahana yang paling cocok untuk berbagi pengalaman (sharing)
sukses pembelajaran
dan sharing dalam mengatasi kesulitan
pembelajaran.
Ø
KKG menjadi media yang legal untuk menyusun perangkat pembelajaran (silabus
& RPP).
Ø
Pemberlakuan UUGD mempersyaratkan guru untuk memenuhi kualifikasi dan
kompetensi. KKG dituntut mampu menjembatani peningkatan kompetens
guru MI.
Ø
Kebijakan sertifikasi guru selain berorientasi kepada peningkatan kesejahteraan
guru namun dibarengi tuntutan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi guru.
Ø
Perberlakuan Permen PAN dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang
Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kredit yang berlaku efektif mulai 2013.
Ø
Tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang demikian pesat
menuntut guru untuk meningkatkan kapasitas internalnya terutama dalam
pemanfaatan teknologi informasi dan telekomunikasi dalam pembelajaran.
Ø
Pemberlakuan pasar bebas (Free Trade) memunculkan mobilitas kontes di
mana persaingan sengit menjadi ciri utama dan hanya guru yang berkualitas saja
yang mampu bersaing.
E. Rencana Struktur Program Kegiatan Bentuk
Kegiatan KKG Sesuai SOP KKG
- Kegiatan
Rutin:
1)
Diskusi
permasalahan
2)
Penyusunan
dan pengembangan silabus, program semester, dan Rencana Program Pembelajaran.
3)
Analisis
4)
Penyusunan
dan pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran.
5)
Pembahasan
materi dan pemantapan menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah.
6)
Kegiatan
Pengembangan:
7)
Penelitian,
diantaranya Penelitian Tindakan Kelas.
8)
Pendidikan
dan Pelatihan berjenjang (diklat berjnjang).
9)
Penerbitan
jurnal KKG.
10)
Pelatihan
sesama guru menggunakan media TIK.
11)
Pengkajian
praktek pembelajaran yang memiliki tiga komponen yaitu plan, do, see yang dalam
pelaksanaannya harus terjadi kolaborasi antara pakar, guru pelaksana, dan guru
mitra.
STRUKTUR PROGRAM
KEGIATAN
KKG MI KECAMATAN
TANGGUL KABUPATEN JEMBER
NO |
PROGRAM / MATA KEGIATAN |
ALOKASI WAKTU |
I |
UMUM |
|
Sosialisasi
Kebijakan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember berkaitan dengan guru dan Madrasah |
2 JTM |
|
II |
POKOK |
5 JTM |
1 |
Penyusunan Program
Kerja KKG MI |
|
2 |
Perencanaan,
kurikulum dan evaluasi |
|
3 |
Inovasi
pembelajaran |
|
4 |
Diskusi Permasalahan/kesulitan
pembelajaran |
|
6 |
Pembahasan materi
dan Pemantapan Ujian |
|
III |
PENUNJANG |
2 JTM |
Sosialisasi
Peraturan Perundang-undangan misal Penilaian Kinerja Guru. |
||
Jumlah |
9 JTM |
PROGRAM KERJA
RUTIN/BULANAN
KKG MI KECAMATAN
TANGGUL KABUPATEN JEMBER
TAHUN 2020/2021
No |
Kegiatan |
Bulan |
Pemateri |
Tempat |
KET |
1. |
Sosialisasi Program kegiatan ke
kemenag/KKM MI |
Januari |
Pengurus |
MI Al Falah |
|
2. |
Pendalaman kurikulum 2013 dalam
perangkatnya |
Februari |
Peneliti / Praktisi Pendidikan |
MI Mambaul Khoirot |
|
3. |
Aanalisis KI dan KD |
Maret |
Peneliti / Praktisi Pendidikan |
MI Al Falah |
|
5. |
Pembuatan RPP Kurukulum 2013 |
April |
Praktisi Pendidikan |
MI Al Falah |
|
6. |
Teknik penilaiaan dan perangkatnya |
Mei |
Peneliti / Praktisi Pendidikan |
MI Mambaul Ulum |
|
7. |
Penyusunan Modul |
Juni |
Peneliti / Praktisi
Pendidikan |
MI Mambaul Ulum |
|
8. |
Pelatihan Ms.Word dan Exel |
Juli |
Praktisi / pemerhati IT |
MI Mambaul Ulum |
|
9. |
Pelatihan Ms.Power Point |
Agustus |
Praktisi / pemerhati IT |
MI Mambaul Ulum |
|
10. |
Penilaian Kinerja Guru |
Oktober |
Pengawas
Madrasah |
MI Mambaul Ulum |
|
11. |
Penulisan PTK 1 |
November |
Peneliti / Praktisi
Pendidikan |
MI Mambaul Ulum |
|
12. |
Penullisan PTK 2 |
Desember |
Peneliti / Praktisi
Pendidikan |
MI Mambaul Ulum |
Tanggul, 7 November 2020
Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKG MI)
Kecamatan Tanggul
KETUA
IKE SRI HARYANTI, S.Pd.